Senin, 02 April 2012

OTOMOTIF
Anggota AXIC Dibekali Pengetahuan Jenis Filter Udara
 Para anggota AXIC melihat proses pembuatan filter
 Tangerang - Kegiatan komunitas otomotif tak cuma bhakti sosial atau kumpul-kumpul tukar informasi. Lebih dari itu, seperti ditunjukkan para anggota Avanza Xenia Club Indonesia (AXIC) dalam  melakukan kunjungan ke pabrik saringan (filter) udara mobil merek Sakura di Curug, Tangerang, minggu (1/4). Sedikitnya, 50 kendaraan Toyota Avanza dan Xenia mengikuti acara factory tour dan yang terjauh dari Purwakarta.

"Manfaat tur ini, selain untuk memberikan pengetahuan lebih tentang produk-produk Sakura yang ada di dalam mobil Avanza atau Xenia, juga memberikan pemahaman tentang perawatan filter itu sendiri," jelas Arief MS, Wakil Ketua Umum AXIC Indonesia. Dikatakannya, tidak semua anggota AXIC memahami tentang komponen tersebut.       

KompasOtomotif yang ikut dalam rombongan mendapat kesempatan melihat dari dekat pabrik seluas 2 hektare yang mempekerjakan 1.600 karyawan dalam memproduksi 4 jenis filter, yakni filter udara, filter bensin, filter AC (kabin), dan filter hidrolik itu. Diperlihatkan setiap tahapan pembuatan filter, mulai dari proses perakitan (asembling), lalu seamer atau penekukan untuk filter oli, pengecatan, sampai tahap akhir packing.

"Sekitar 70 % dari produk kami ini di ekspor untuk Amerika, Jepang dan beberapa negara sekitar. Lantas, 30 % lagi untuk pemakaian dalam negeri," ujar Rudy Soerjanto, Assistant to Sales Director Sakura.

Program kunjungan klub otomotif ini, lanjut Rudy, bukan yang pertama kali, beberapa club lain juga pernah datang. Hanya, untuk kali ini pihak Sakura ingin memberikan kesadaran tentang filter AC. "Seperti kita ketahui, kehidupan perkotaan yang penuh dengan polusi, filter AC merupakan salah satu faktor penting untuk kebersihan udara dalam kabin mobil, sehingga kita bisa tetap menjaga kesehatan. Saya harap melalui edukasi yang kami bagikan pada acara ini, teman-teman AXIC sendiri bisa meneruskannya ke masyarakat luas," jelas Rudy.

Ditambahkannya, untuk di Indonesia, pada umumnya pemakaian kabin filter belum terlalu memasyarakat, tetapi tren ini sudah mulai di beberapa kota seperti Jakarta. Tur yang digagas oleh Sakura filter dan AXIC, ini selain melakukan kunjungan dan edukasi tentang produk filter Sakura, juga memberikan hiburan untuk anak-anak keluarga para pemilik kendaraan Avanza - Xenia.
 www.pulogadingcity.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar