Senin, 02 April 2012

OASE
 218 Film Fiksi Pendek Siap Bertarung di FFS 
www.pulogadingcity.blogspot.com
JAKARTA — Sebanyak 218 film fiksi-pendek dari berbagai kota di Indonesia telah mendaftar dan siap berkompetisi memperebutkan Ladrang Award dan Gayaman Award pada penyelenggaraan Festival Film Solo (FFS) 2012, pada 9-13 Mei 2012.Ajang ini memperlombakan karya kategori umum-nasional untuk Ladrang Award, sedangkan Gayaman Award diperuntukkan bagi pelajar SMP dan SMA tingkat nasional.
Pada tahun ini, terjadi peningkatan jumlah film yang mendaftar yang juga dibarengi dengan semakin meluasnya wilayah persebaran para pembuat film pendek "Bila dibandingkan secara kuantitas, jumlah total film yang masuk tahun ini mengalami peningkatan dari penyelenggaraan FFS tahun sebelumnya yakni 169 film," jelas Septian Ayok, Koordinator Kompetisi dan Pusat Data FFS, Senin (2/4/2012).
Selain Jakarta dan Yogyakarta yang memang masih dominan, kota-kota lain yang selama ini kurang 'terdengar' juga menyerbu Festival Film Solo 2012, seperti Banjarnegara, Donggala, Kota Batu, Majalengka, Palu, Banyuwangi, Singaraja, Kendal, Buol, Purworejo, Jepara, Trenggalek, Sumedang, Tasikmalaya, Sukabumi, Sumenep, dan beberapa lainnya.
Nanang Musha, Manajer Festival Film Solo 2012, mengatakan adanya peningkatan jumlah film yang masuk ini diharapkan juga semakin banyak film pendek Indonesia yang berkualitas.
"Di sinilah salah satu fungsi dari Festival Film Solo, yakni sebagai ruang untuk mempertemukan para kreator-kreator muda dengan publik secara luas. Transaksi gagasan mengalir secara leluasa dan mudah-mudahan memberikan sumbangsih bagi kemajuan sinema Tanah Air," kata Nanang.
Film-film kompetisi akan mengalami proses kuratorial oleh Adrian Jonathan Pasaribu, Ayu Mitha Radila, dan Ronny P Tjandra, sebelum masuk pada penjurian oleh Seno Gumira Ajidarma, Joko Anwar, dan Ifa Isfansyah untuk Kategori Ladrang Award, dan Juri Gayaman Award yang terdiri dari Ariani Darmawan, Kuntz Agus, dan Blontank Poer.
Festival Film Solo ini akan bertempat di Teater Besar ISI Surakarta dan Taman Budaya Jawa Tengah. Seluruh acara gratis dan terbuka untuk publik. 
www.pulogadingcity.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar