Senin, 09 April 2012

BISNIS
Tren Harga Perkantoran Naik
Gedung-gedung Perkantoran di Sudirman Jakarta.
JAKARTA — Sektor perkantoran sewa terus menunjukkan kenaikan tarif. Hal ini, antara lain, dipicu keterbatasan suplai dan lahan. Kenaikan terbesar terjadi pada perkantoran kelas premium.     
Director Office Services Bagus Adikusumo mengemukakan, tarif sewa dasar (base rental) perkantoran dalam rupiah rata-rata Rp 134.099 per meter persegi per bulan atau mengalami kenaikan 5 persen jika dibandingkan dengan kuartal IV tahun 2011. Sementara tarif sewa perkantoran dalam dollar AS naik 10 persen menjadi rata-rata 23,26 dollar AS.
Peningkatan tajam tarif sewa dasar terjadi untuk perkantoran kelas premium di kawasan pusat bisnis  (CBD) Jakarta, yakni 35 dollar AS per meter persegi per bulan atau naik 50 persen. Meski demikian, tarif sewa itu masih sangat rendah jika dibandingkan dengan kota-kota besar di Asia Pasifik.
Associate Director Research Ferry Salanto menambahkan, kenaikan tarif sewa itu juga dipicu oleh suplai perkantoran yang semakin langka akibat keterbatasan lahan. Kekurangan lahan itu membuka peluang bagi tumbuhnya ekspansi lokasi perkantoran yang makin meluas hingga ke wilayah lain di luar CBD, misalnya Jakarta Timur dan TB Simatupang.
  www.pulogadingcity.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar