Selasa, 03 April 2012

EDUKASI
80 Sekolah Ikuti Seminar Kepemimpinan
JAKARTA- 200 peserta yang berasal dari 80 sekolah di Jakarta dan berbagai daerah mengikuti seminar leadership day. Digelar di Graha Angkasa Pura 1, Jakarta, Selasa (3/4/2012), acara ini merupakan bagian dari Leader in Me International Seminar.

Seminar tersebut digagas oleh Dunamis, sebuah organisasi global berlisensi FranklinCovey yang memberikan pelatihan di bidang pengembangan karakter kepemimpinan.

Direktur Dunamis Foundation, Andiral Purnomo mengatakan, dalam kegiatan ini para peserta yang merupakan pendidik dan orang tua murid dapat mempelajari program The Leader in Me, yakni program terintegrasi yang menanamkan kepemimpinan di seluruh aspek sekolah. Para peserta juga mengetahui cara menerapkan dan kisah dari beberapa sekolah yang telah sukses menjalankan program tersebut.

"Sesuai dengan misi kami untuk enable freatness in people and organization everywhere. Dunamis berharap dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan melalui penerapan program the leader in me di Indonesia," kata Andiral di lokasi acara.

Ia menjelaskan, program The Leader in Me sengaja dikenalkan untuk mendukung pembentukan karakter kepemimpinan anak Indonesia. Sehingga ke depannya, ia berharap mampu mencetak para pemimpin berkualitas melalui program tersebut.

"Kita memiliki target memasyarakatkan sekolah berbasis karakter kepemimpinan di Indonesia. Bagaimana anak-anak bisa mandiri, bekerjasama dan beradaptasi dengan orang lain. Karena generasi muda Indonesia dibangun lewat sekolah," ujarnya.

Sebagai informasi, The Leader in Me adalah sebuah progran terintegrasu yang menanamkan kepemimpinan di seluruh aspek sekolah. Dengan menggunakan metode pendekatan menyeluruh, program ini memberikan kesempatan tidak hanya kepada siswa, tetapi juga kepada guru, manajemen sekolah, hingga orang tua murid untuk memiliki karakter kepemimpinan melalui prinsip universal 7 habits.

Prinsip universal 7 habits yakni, be proactive, begin with the end in mind, put first things first, think win-win, seek first to understand-then to be understand, synergize, dan sharpen the saw.

Di Indonesia, program The Leader in Me telah diadopsi dan diterapkan di berbagai sekolah seperti sekolah PSKD Mandiri, Sekolah Islam An-Nisaa Tangerang, SDSN 12 Bendungan Hilir, Sekolah Santa Laurensia Serpong, dan Institut Teknologi Bandung.  
www.pulogadingcity.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar