Minggu, 08 April 2012

SAINS
Venus Menyapa di Senja Minggu Paskah
Kenampakan Venus saat senja pada Minggu Paskah. Venus tampak di sisi barat dengan magnitud -4,32. Di sisi lain, tampak Mars dan Saturnus.
JAKARTA - Di ujung hari perayaan Paskah pada Minggu,(8/4/2012), Venus akan menyapa warga Indonesia. Venus akan tampak di ufuk barat sejak senja, kurang lebih pukul 17.30 WIB.

Venus akan tampak cukup terang dengan magnitud -4,32. Dengan magnitud ini, planet yang sering diasosiasikan dengan perempuan ini cukup bisa dilihat dengan mata telanjang bila langit cerah.

Waktu terbaik melihat planet Venus adalah sesaat setelah Matahari benar-benar tenggelam. Pengamatan saat senja akan terganggu karena "polusi" cahaya Matahari.

Waktu terbaik pengamatan planet ini sangat pendek, hanya antara pukul 18.45 WIB - 19.30 WIB. Kurang lebih pukul 20.00 WIB, planet ini sudah akan tenggelam.

Tertarik mengamati? Keluarlah pada waktu terbaik pengamatan. Carilah wilayah yang yang cukup gelap lapang, tak terhalang gedung bertingkat dan tak terlalu banyak polusi cahaya. Arahkan pandangan ke barat.

Venus biasanya akan tampak berwarna putih. Kenampakan Venus akan berbeda dengan bintang. Bila bintang tampak berkedip, tak demikian halnya dengan planet seperti Venus.

Venus punya banyak mitos. Terkait Kristianitas, Venus diduga sebagai bintang Natal, tanda kelahiran Yesus. Venus juga lambang cinta kasih, ajaran utama Yesus.

Selain Venus, Mars dan Saturnus juga akan tampak malam ini. Keduanya akan tampil semalam suntuk di langit. Anda pun punya kesempatan untuk menyaksikannya.

Mars akan tampak dengan magnitud -0,54 sementara Saturnus 0,80. Sesaat setelah senja, keduanya akan tampak di langit timur. Semakin malam, kedua planet akan bergerak semakin ke barat.
 www.pulogadingcity.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar