Jumat, 06 April 2012

EDUKASI
Mendikbud Resmikan Museum Wallacea di Kendari
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh saat meresmikan Museum Wallacea Universitas Haluoleo (Unhalu), di dampingi Rektor Unhalu, Usman Rianse, di Unhalu, Kendari, Sulawesi Tenggara.
KENDARI - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh meresmikan museum Wallacea Universitas Haluoleo (Unhalu), Jumat (5/4/2012), di Kendari, Sulawesi Tenggara.
Tak hanya meresmikan, Nuh juga menyambut baik kelahiran museum tersebut dan berharap dapat menjadi contoh bagi perguruan tinggi lain sebagai wadah untuk melestarikan kekayaan nasional.
"Lahirnya museum ini merupakan pernikahan budaya. Antara warisan kekayaan budata Sulawesi Tenggara dengan anak Indonesia. Saya mewakili orang tua, wali nikah penerima akad nikah itu," kata Nuh saat meresmikan museum Wallacea.
Sementara itu, Rektor Unhalu, Usman Rianse menjelaskan, museum Wallacea, yang digagas bersama seluruh pusat studi Unhalu diharapkan dapat menjadi basis peningkatan ilmu pengetahuan tentang keanekaragaman hayati dan budaya, khususnya di lingkungan Unhalu.
Dijelaskannya, selain melestarikan keanekaragaman kebudayaan Sulawesi, museum Wallacea juga menjadi tempat diabadikannya jurnal-jurnal ilmiah dan merupakan tempat dilestarikannya keanekaragaman organisme air, darat, dan mikroorganisme di sekitar kawasan Sulawesi sampai kepulauan Raja Ampat, Papua.
"Semoga museum ini kelak dapat memberikan banyak pelajaran dan mendorong semangat meneliti untuk menghadapi tantangan global," ujarnya.
Sebagai informasi, Museum Wallacea berada di lantai empat gedung Pascasarjana Unhalu. Gedung Pascasarjana itu sendiri baru saja diresmikan oleh Mendikbud, Mohammad Nuh, bersamaan dengan diresmikannya Museum Wallacea.
 www.pulogadingcity.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar